Sekolah Puncak Siap Menjadi Satuan Pendidikan yang RAMAH
Kota Bima, 29 Januari 2025 – Sekolah Puncak (SMPN 12 Kota Bima) telah mempersiapkan diri untuk menjadi lembaga pendidikan yang lebih baik dengan menjadikan konsep RAMAH sebagai pedoman utama dalam mengembangkan kualitas pendidikan. Konsep RAMAH ini diambil dari arahan Menteri Pendidikan, Dasar, dan Menengah Republik Indonesia, yang menginginkan setiap sekolah di Indonesia untuk menjadi lembaga pendidikan yang responsif, akuntabel, melayani, adaptif, dan harmonis.
Pihak sekolah menyatakan bahwa implementasi konsep RAMAH akan mencakup berbagai aspek dalam operasional dan kegiatan pendidikan di Sekolah Puncak, yaitu:
Responsif menjadi prioritas utama, di mana pihak sekolah akan lebih mendengarkan dan merespons dengan cepat terhadap kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi oleh siswa, orang tua, dan tenaga pendidik. Hal ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang lebih terbuka dan mudah diakses.
Kemudian, aspek akuntabel juga akan diperkuat, di mana sekolah akan menjaga transparansi dalam pengelolaan anggaran dan pelaksanaan program-program pendidikan, serta memastikan bahwa setiap kebijakan yang diambil dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat dan pemangku kepentingan.
Sekolah Puncak juga akan meningkatkan layanan pendidikan agar lebih ramah dan inklusif melalui prinsip melayani, yang berarti memastikan setiap siswa mendapatkan perhatian yang sesuai dengan kebutuhan mereka, baik dalam aspek akademik maupun non-akademik. Program pembinaan karakter dan kesejahteraan siswa akan menjadi fokus dalam mewujudkan visi ini.
Selain itu, untuk menghadapi dinamika zaman yang terus berkembang, sekolah juga berkomitmen untuk adaptif, yaitu dengan mengintegrasikan teknologi dan metode pembelajaran yang inovatif untuk menciptakan pengalaman belajar yang relevan dengan perkembangan dunia.
Terakhir, konsep harmonis akan diwujudkan dengan menciptakan hubungan yang baik antara siswa, guru, orang tua, dan masyarakat sekitar. Sekolah Puncak akan memperkuat nilai-nilai kebersamaan, saling menghargai, dan bekerja sama dalam menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan karakter dan prestasi siswa.
Kepala Sekolah Puncak, Bapak Muhamad Ali Akbar, S.Pd., mengatakan, "Kami sangat mendukung arahan dari Menteri Pendidikan, dan berkomitmen untuk menjadikan Sekolah Puncak sebagai tempat yang tidak hanya unggul dalam akademik, tetapi juga berperan aktif dalam membangun karakter siswa yang siap menghadapi tantangan global."
Dengan berbagai persiapan yang matang, Sekolah Puncak optimis dapat mewujudkan visi tersebut dan menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang RAMAH dan berkualitas tinggi.