Siswa Sekolah Puncak Meriahkan Pembelajaran dengan Quizziz
Sekolah Puncak, 24 Januari 2025 – Pembelajaran di Sekolah Puncak (SMPN 12 Kota Bima) oleh seorang Guru hari ini berlangsung dengan penuh keceriaan. Para siswa tampak bersemangat mengikuti pelajaran yang disajikan melalui platform edukasi digital Quizziz. Kegiatan pembelajaran yang biasanya berlangsung formal, kali ini berubah menjadi seru dan menyenangkan berkat keberadaan teknologi yang semakin mempermudah proses belajar.
Dalam sesi pembelajaran yang dilaksanakan di kelas 9, para siswa diajak untuk berkompetisi dalam kuis interaktif yang menggunakan Quizziz. Aplikasi ini memungkinkan siswa untuk menjawab pertanyaan secara langsung melalui perangkat elektronik, seperti smartphone dan mendapatkan umpan balik langsung mengenai jawaban yang mereka berikan.
"Kegiatan seperti ini sangat menyenangkan karena kita bisa belajar sambil bermain. Selain itu, Quizziz membuat kita lebih fokus karena ada waktu yang terbatas untuk menjawab setiap soal," ujar salah seorang siswa kelas 9 yang ikut dalam kegiatan tersebut.
Guru yang memimpin kelas, Bapak Hidayaturrahman, S.Pd.Gr. (Mr. Yats), menjelaskan bahwa penggunaan Quizziz bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pelajaran. "Dengan adanya Quizziz, siswa tidak hanya mendengarkan penjelasan materi, tetapi juga aktif berpartisipasi. Mereka bisa mengukur pemahaman mereka secara langsung dan belajar dengan cara yang lebih menyenangkan," ungkapnya.
Quizziz, sebagai platform pembelajaran berbasis game, memungkinkan siswa untuk mengikuti kuis yang dibuat oleh guru sesuai dengan materi pelajaran. Pembelajaran seperti ini mampu mendorong kolaborasi antar siswa dan memperkuat pemahaman mereka tanpa rasa tegang atau bosan.
Tidak hanya para siswa, bahkan Guru lain pun turut memberikan apresiasi terhadap cara baru ini dalam pembelajaran. "Saya melihat siswa lebih antusias belajar setelah mengikuti kegiatan Quizziz ini. Mereka merasa lebih tertantang untuk memahami materi karena ada elemen kompetisi," kata salah seorang guru.
Dengan kegiatan pada sesi ini, Sekolah Puncak berencana untuk terus memanfaatkan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar, agar para siswa tetap dapat menikmati proses belajar sambil terus berkembang dalam menghadapi tantangan pendidikan modern.
Pembelajaran yang menyenangkan seperti ini memberikan gambaran bahwa pendidikan tidak hanya tentang teori, tetapi juga tentang cara-cara kreatif yang mampu membuat siswa lebih tertarik dan termotivasi untuk belajar.