Guru Bahasa Indonesia di Sekolah Puncak Manfaatkan HP dan Internet untuk Proses Pembelajaran
Sekolah Puncak, 20 Januari 2025 – Dalam era digital yang semakin berkembang, penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan semakin menjadi kebutuhan. Salah satunya adalah pemanfaatan ponsel pintar (HP) dan internet dalam proses pembelajaran di sekolah. Di Sekolah Puncak, guru Bahasa Indonesia kini memanfaatkan kedua alat tersebut untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan mendekatkan materi pelajaran kepada siswa.
Menurut Kepala Sekolah Puncak, Bapak Muhamad Ali Akbar, S.Pd., penggunaan HP dan internet di kelas merupakan bagian dari upaya untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman serta mempersiapkan siswa agar lebih siap menghadapi tantangan di dunia digital. "Kami berkomitmen untuk selalu berinovasi dalam metode pembelajaran. Teknologi adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kami ingin para siswa belajar untuk memanfaatkannya dengan bijak dalam konteks pendidikan," ujarnya.
Guru Bahasa Indonesia di sekolah Puncak mulai mengintegrasikan HP dan internet ke dalam pembelajaran mereka. Adalah Ibu Faridah, S.Pd., seorang guru Bahasa Indonesia yang telah menggunakan HP dan Internet dalam pembelajarannya untuk meningkatkan partisipasi siswa. "Melalui HP dan Internet yang ada siswa dapat lebih aktif dalam diskusi, mengikuti kuis, dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan, semuanya dapat diakses langsung dari ponsel mereka," kata Ibu Faridah.
Tidak hanya itu, penggunaan internet juga memudahkan siswa untuk mengakses berbagai sumber belajar yang lebih variatif. Sumber-sumber seperti video pembelajaran, artikel, dan e-book memungkinkan siswa untuk memperdalam materi pelajaran di luar jam sekolah. "Kami juga mengajarkan mereka untuk mencari referensi yang kredibel melalui internet dan menggunakannya untuk menulis artikel atau esai," tambahnya.
Selain itu, kelas online melalui platform seperti Google Meet dan Zoom juga diterapkan untuk mengakomodasi siswa yang tidak dapat hadir di kelas. Ini memberikan fleksibilitas lebih bagi siswa untuk tetap belajar dan berinteraksi dengan teman-teman dan guru meskipun tidak berada di sekolah.
Dengan cara ini, proses pembelajaran Bahasa Indonesia tidak hanya menjadi lebih menarik, tetapi juga relevan dengan kebutuhan zaman. Para siswa di Sekolah Puncak pun merasakan dampak positifnya, di antaranya meningkatkan keterampilan menulis, berkomunikasi, serta kemampuan literasi digital.
Sekolah Puncak berharap penggunaan HP dan internet ini bisa terus berkembang dan memberikan manfaat maksimal bagi siswa, tidak hanya dalam pelajaran Bahasa Indonesia, tetapi juga dalam pelajaran lainnya. Sebagai langkah ke depan, sekolah berencana untuk terus berinovasi dengan memanfaatkan teknologi terbaru untuk memperkaya pengalaman belajar siswa.
Dengan demikian, harapan besar tertanam agar para siswa Sekolah Puncak tidak hanya menjadi generasi yang cerdas, tetapi juga bijak dalam memanfaatkan teknologi untuk kepentingan pendidikan mereka.